Widget Bawah Header

WELCOME TO MY BLOG
🟦🟦 Manusia hanya mempunyai dua cara untuk belajar: satu dengan membaca dan satunya lagi berkumpul dengan orang-orang yang lebih pintar. (Will Rogers) 🟦🟦

SUAMI DAPAT KERJA GARA-GARA BASA-BASI

70% lowongan pekerjaan tidak di publish

Seperti orang-orang yang mengawali pernikahan, pasti sudah umum ya dengan masalah ekonomi. Tapi yang mau aku ceritakan hari ini bukan itu ya.

Suami ku kerja di 2 tempat yang berbeda, pagi kerja di perusahaan alih daya sebagai leader cleaning service, dan malam nya bekerja di kedai sebagai part time barista. Sudah bisa terbayang seberapa lelahnya suamiku.

Satu hari, saat hujan malam suami sedang jaga di kedai. Hari itu hanya ada satu pelanggan laki-laki yang sedang sibuk dengan laptopnya. Mungkin sudah sekitar 2 minggu laki-laki itu selalu datang ke kedai habis isya dan memesan kopi paling murah. Suamiku biasanya cuek aja, tidak mau mengajak ngobrol duluan. Tapi hari itu berbeda, si pelanggan laki-laki tersebut datang ke kedai dan memilih tempat duduk di dekat meja barista.

Pelanggan : Mas, saya boleh duduk disini kan? Bosen euy diluar mah..

Suami : oh boleh kak, silahkan!

Entah angin apa, hari itu suamiku tiba-tiba niat mengajak ngobrol laki-laki tersebut. Biasalah, dia basa basi. Bertanya mengenai seputar laptop yang dibawa si laki-laki tersebut.


Suami : kak, laptop nya boleh juga dipake game, gak lemot ya?..

Pelanggan : oh ini? Saya mah bukan main game kang, ngerjain kerjaan. Pake laptop game biar gak keliatan ngenes aja hehee..

Dari sana, suami mulai ngajak ngobrol ngalor ngidul sampai nyambung ke masalah pribadi. Sampai lah suami bertanya seputar kerjaan laki-laki tersebut.

Baca Juga: Inspirasi Anak Indonesia Yang Sukses Kuliah Di Luar Negeri

Suami : mas, ada lowongan gak?

Pelanggan: buat siapa?

Suami : buat saya atuh,

Pelanggan : kan akang udah kerja disini?

Suami : gajinya kurang ,saya juga siang kerja di kantor kok

Pelanggan : oh.. dimana emang? Gajinya berapa kalo boleh tau

Suami : kalo digabung gaji kedai sama kantor gak sampe UMR bandung
Pelanggan : wah..!

Suami : iya makanya saya juga bingung

Intinya, pelanggan tersebut tanya-tanya soal kerjaan suami dan suami menjawab. Pelanggan tersebut keliatan antusias dengan cerita suami


Pelanggan : mas, ada CV gak? Soft file nya aja

Suami : ada, bisa titip langsung ya? Hehe..

Pelanggan : ini kartu nama saya, ada email saya sama nomor hp. Kirim kesini ya..

Suami dengan polos nya kirim cv dan seminggu setelah itu si pelanggan tersebut tidak datang lagi ke kedai. Suami juga menganggap nya itu angin lalu saja.

Sekitar 10 hari kemudian,pelanggan tersebut datang lagi ke kedai dengan membawa laptop dan file berkas.

Suami : mas, kemana aja? Baru nongol

Pelanggan : iya nih, lagi audit saya

Suami : pesen biasa mas? Saya siapin

Pelanggan : mas, bisa sini dulu sebentar? Ini tolong isi form calon karyawan ya, besok bisa ke kantor gak ambil surat pengantar MCU?..

Suami yang tiba-tiba di todong begitu agak shock, maksudnya apa nih?..


Pelanggan : masih butuh kerja kan mas?..

Suami tanpa pikir panjang, langsung mengikuti kemauan si pelanggan itu. Dia isi form calon karyawan yang sudah disiapkan dalam laptop.

Besoknya suami langsung MCU (Medical Check Up) dan lusanya mengurus berkas ke bank dan kantor pajak. Pokoknya mulai dari suami mengisi form karyawan dan MCU sampai tanda tangan kontrak tidak sampai 1 minggu.

Sampai di hari training, suami di tanya oleh karyawan lain, katanya: "bawaan siapa?.." Suami menyebut nama bapak pelanggan kedai itu.

Karyawan : kamu siapa nya bapak itu?

Suami : pelanggan kedai saya, kenapa pak?

Karyawan : ah masa? Masih saudara iya?

Suami : enggak, bukan kok

Karyawan lain : bawaan manager cabang nih

Ternyata yang selama ini suami ajak ngobrol adalah kepala manager cabang. Dan suami mengecek kartu nama nya,tidak disebutkan jabatan hanya ada nama, nomor hp dan alamat email nya saja.

Apa yang bisa membuat suami keterima? Ternyata selama mengobrol basa-basi itu, bapak pelanggan selalu memperhatikan suami dan mungkin saat basa basi minta lowongan ada interview terselubung.

Kalo kata orang tuaku, jadi orang jangan asem budi nanti susah rezeki. Jadi, coba bersikap ramah dan mulai basa basi. Kita ikhtiar jalan rezeki itu dari sedekah, tersenyum dan mendengarkan orang lain juga termasuk sedekah.

Jadi, jangan bilang " aku introvert, gak bisa basa basi". Coba membuka diri yaa...!

Sedikit memberi pemahaman saja, kalau introvert itu gak melulu orang yang pemalu atau pendiam, introvert itu energi, bukan kepribadian.

Baca Juga: Tips Bertahan Hidup Saat Kuliah di Luar Negeri

Saya punya teman juga seorang introvert, tapi dia seorang MC, jago banget basa-basi sama orang, siapapun lawan bicaranya, dia bisa mengimbanginya, tapi dia mengakui kalau energinya cepat banget habisnya, gak kuat buat berlama-lama berinteraksi sama orang.

Terima kasih..


Sumber: Quora

0 Response to "SUAMI DAPAT KERJA GARA-GARA BASA-BASI"

Post a Comment

COMMENT IN A POOR AND WISE WAY👌

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

READ THIS ARTICLE!