Widget Bawah Header

WELCOME TO MY BLOG
🟦🟦 Manusia hanya mempunyai dua cara untuk belajar: satu dengan membaca dan satunya lagi berkumpul dengan orang-orang yang lebih pintar. (Will Rogers) 🟦🟦

Tips Bertahan Hidup Saat Kuliah di Luar Negeri

Beginilah Mengenai Tips Agar Bertahan Hidup Kuliah Luar Negeri Belajar sangatlah penting bagi kehidupan kita. Dalam kehidupan yang semakin berkembang ini, anda harus selalu belajar tentang segala hal dan ilmu pengetahuan. 

Dengan ilmu, anda akan mengetahui lebih banyak tentang bagaimana memahami segala aspek kehidupan anda sendiri. Kebanyakan orang bercita-cita untuk belajar di luar negeri, namun mereka tidak yakin dengan keuntungannya.  

Tips Bertahan Hidup Kuliah di Luar Negeri

Padahal, kuliah di luar negeri memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah bisa mendapatkan pengalaman dan pemahaman baru tentang tempat atau budaya yang ada di negara tersebut. Berikut ini tips agar Bertahan Hidup Kuliah di Luar Negeri.

Pahami Bahasa Yang Digunakan Di Negara Tersebut

Hal yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan pindah ke luar negeri adalah memahami lebih dalam bahasa nasional yang digunakan di negara tersebut. Hal ini akan memudahkan Anda beradaptasi dengan lingkungan baru. Selain itu juga akan lebih mudah mendapatkan teman baru sehingga tidak akan kesulitan untuk bertahan hidup di luar negeri.

Baca Juga: Kisah Menginspirasi Seorang Wanita Tangguh Asal Bali

Jika Anda belum terlalu mahir, ada baiknya selalu membawa buku saku/kamus kecil tentang bahasa negara tersebut atau bisa juga menggunakan Google Translate. Meski tidak semua bahasa dari Google Translate akurat, setidaknya bisa digunakan saat dalam keadaan darurat.

Mencari Relasi Sebanyak Mungkin

Setelah memahami bahasanya, langkah selanjutnya adalah membina hubungan dengan banyak teman. Meski menjalin pertemanan itu sulit karena perbedaan budaya, tidak ada salahnya mencoba ngobrol dengan beberapa teman baru di sekitar Anda. 

Karena akan banyak keuntungan yang bisa anda peroleh selama anda mempunyai hubungan yang baik dan akan membantu anda untuk bertahan hidup di luar negeri. Salah satunya adalah kamu bisa mendapatkan informasi menarik seputar beasiswa, lowongan kerja paruh waktu, lingkungan sekitar, tempat-tempat menarik yang wajib dikunjungi, hingga asrama murah di sekitar kampus. 

Cerdas Kelola Pengeluaran dengan Hidup Hemat

Bagi sebagian orang, perilaku hemat mungkin cukup sulit diterapkan, apalagi jika gaya hidup mereka terbiasa dengan hedonisme. Namun, kebiasaan hidup hemat ini harus Anda miliki jika ingin bertahan hidup di luar negeri. 

Jangan sampai jumlah pengeluaran melebihi jumlah tabungan yang dimiliki, sebisa mungkin sisihkan selalu sedikit uang untuk ditabung. Karena jika sewaktu-waktu Anda mempunyai kebutuhan yang mendesak, tabungan ini akan berguna untuk menyelesaikan masalah Anda. Keuntungan lainnya, Anda bisa belajar mengelola keuangan dengan baik.

Mencari Biaya Tambahan

Banyak dari mereka yang kuliah di luar negeri memanfaatkan waktu luangnya dengan mencari biaya tambahan. Ada beberapa cara untuk mendapatkan uang tambahan untuk bertahan hidup di luar negeri, seperti menjadi guru swasta. 

Bagi anda yang cerdas dan mempunyai kemampuan akademis yang baik, anda bisa memanfaatkan kelebihan anda untuk menjadi guru privat. Bagi Anda yang pandai mengatur waktu, anda bisa mencoba mencari pekerjaan paruh waktu.

Misalnya sebagai pelayan di kafe/restoran, petugas minimarket, pengantar makanan, cleaner service, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, Anda juga bisa bekerja secara online sebagai freelancer, melalui website khusus untuk mengisi waktu luang setelah kuliah.

Pahami Cara Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Terakhir, selain menjaga kesehatan pastikan Anda mengetahui cara mengerjakan pekerjaan rumah agar lebih mudah bertahan hidup di luar negeri. Seperti mencuci baju, memasak, menyapu, dan lain sebagainya. Mungkin hal ini sepele, namun sangat bermanfaat bagi anda yang jauh dari keluarga.

Demikian penjelasan dari saya tentang beginilah mengenai tips agar Bertahan Hidup Kuliah di Luar Negeri, semoga bermanfaat.

Terima kasih.

0 Response to "Tips Bertahan Hidup Saat Kuliah di Luar Negeri"

Post a Comment

COMMENT IN A POOR AND WISE WAY👌

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

READ THIS ARTICLE!