Widget Bawah Header

WELCOME TO MY BLOG
🟦🟦 Manusia hanya mempunyai dua cara untuk belajar: satu dengan membaca dan satunya lagi berkumpul dengan orang-orang yang lebih pintar. (Will Rogers) 🟦🟦

Kenapa Israel Sebagai Negara Kecil, Tapi Lebih Kuat Ketimbang Negara Tetangganya Yang Jauh Lebih Besar, Ternyata ini Rahasianya

Konflik antara Israel dan Palestina sampai saat ini pun masih belum berakhir. Kita berharap semoga permasalahan mereka bisa cepat terselesaikan tanpa adanya dari salah satu pihak yang merasa dirugikan.

Mungkin banyak diantara kalian yang bertanya-tanya, kenapa Israel bisa begitu kuatnya terhadap negara-negara tetangganya yang notabene memiliki luas negara yang jauh lebih besar dan memiliki penduduk lebih banyak.

Menurut pengamatan dari mas Benjamin yang menjawab atas pertanyaan ini adalah dikarenakan oleh beberapa faktor penting, diantaranya;

1. Pengembangan Teknologi Israel Yang Cepat dan Canggih

Pernah dengar Waze ? Waze adalah perangkat lunak navigasi yang dibagikan secara gratis untuk ponsel, tablet ataupun PC, seperti Google Maps yang dimiliki Google. Perangkat ini berdiri pada tahun 2008 di Israel oleh Uri Levine dan Amir Shinar. Anggaran R&D (Research and Development) mereka 18,6 Juta USD sekitar 4,9% dari PDB mereka, jumlah yang sangat besar.

StartUp mereka cukup banyak dan mumpuni, ada sekitar 894 StartUp, bandingkan dengan negara sekitar mereka, Irak hanya punya 4, Arab Saudi hanya punya 54, Yordania hanya punya 89, dan Suriah hanya punya 6 StartUp saja. Bisa dilihat kesenjangan dalam bidang teknologi.

Baca Juga: INILAH NEGARA YANG KAYA AKAN SUMBER DAYA ALAM, TAPI BERPENDUDUK MISKIN

2. Perindustrian Alutsista dan Militer Yang Canggih

Ini adalah salah satu teknologi kemiliteran Israel bernama Trophy HV yang diproduksi oleh Rafael Advanced Defense Systems dan Elta Group yang merupakan sistem proteksi aktif yang dipakai di Tank Israel seperti Merkava Mark 3 & 4 atau di APC seperti Namer

Sistem proteksi ini berfungsi melindungi MBTs atau APCs dari serangan berupa proyektil berkekuatan ledak seperti ATGMs (Anti-Tank Guided Missiles), RPGs (Rocket Proppeled Grenades) atau HEAT missiles (High-Explosive Anti Tank) yang berpotensi menghancurkan kendaraan tersebut. Bagaimana menurut kalian, canggih sekali bukan?

Rafael Underwater System

Rafael Underwater System

Rafael Underwater System

Ini adalah Iron Dome, dan tentu kalian sudah tahu tentang sistem pertahanan yang satu ini. Iron Dome merupakan sistem pertahanan Israel dari roket-roket yang diarahkan ke daerah perkotaan Israel. Cara kerjanya adalah pertama radar mendeteksi serangan roket dari perbatasan, lalu sistem komputer akan memprediksi arah roket dan akan meluncurkan roket tantangan untuk menghancurkan roket tersebut.

Kenapa Israel Sebagai Negara Kecil, Tapi Lebih Kuat Ketimbang Negara Tetangganya Yang Jauh Lebih Besar, Ternyata ini Rahasianya

3. Bidang Intelijen Israel dan Pasukan Elit

Ingat Six Day War? Kemenangan Israel melawan 5 negara tetangganya walaupun secara kuantitas kalah. Apa kunci dari kemenangan ini? Intelijen jawabannya.

Mata-mata Mossad, Eli Cohen
Eli Cohen

Orang ini adalah Eli Cohen, mata-mata Mossad yang berhasil menyusup ke barisan atas pemerintahan dan militer Suriah bahkan menjadi Penasihat Utama Menteri Pertahanan Suriah.

Eli menyarankan untuk menanami pohon Eukaliptus di tempat Mortir dan Bunker tentara Suriah dengan dalih agar menjadi kamuflase padahal merupakan penanda target. Hasilnya? IAF (Israeli Air Force) menghabisi pasukan tersebut.

Eli juga menyelundupkan informasi dan strategi pertahanan dan ofensif Suriah membuat Israel dapat mengetahui setiap langkah yang akan diambil militer Suriah.

Operation Focus

IDF merancang sebuah misi Militer dengan tujuan menghancurkan AU negara Yordania, Mesir dan Suriah yang nantinya akan dieksekusi oleh IAF.

Dengan taktik serangan kejutan terhadap pangkalan-pangkalan udara Yordania, Mesir dan Suriah. Hasilnya, 338 pesawat Mesir, 61 pesawat Suriah, 29 pesawat Yordania, 23 pesawat Irak, 1 pesawat Lebanon hancur dengan hanya berbekal 19 pesawat Israel, pesawat-pesawat musuh dibuat hancur.

Baca Juga: 10 ORANG YAHUDI YANG PALING BERPENGARUH DI DUNIA

Semua ini berkat intelijen yang telah dikumpulkan oleh Mossad dan diberikan ke IDF. Mossad sendiri adalah agen rahasia Israel yang bermarkas di Tel Aviv, dan dibentuk pada 13 Desember 1949. Fungsi utama Mossad adalah melakukan pengawasan terhadap organisasi bangsa-bangsa Arab di seluruh dunia.

Itulah hal yang menyebabkan kenapa Israel lebih kuat walaupun negaranya lebih kecil dibandingkan dengan negara-negara tetangganya yang jauh lebih besar.

Itulah kekuatan mendasar yang di miliki Israel, sehingga negara kecil seperti itu bisa memiliki kekuatan lebih besar dibandingkan dengan negara-negara tetangganya yang jauh lebih besar dan memiliki penduduk yang lebih banyak.

0 Response to "Kenapa Israel Sebagai Negara Kecil, Tapi Lebih Kuat Ketimbang Negara Tetangganya Yang Jauh Lebih Besar, Ternyata ini Rahasianya"

Post a Comment

COMMENT IN A POOR AND WISE WAY👌

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

READ THIS ARTICLE!